Profil Budi Said yang Kalahkan Antam di Gugatan 1,1Ton Emas

admin-aweek

Profil Budi Said yang Kalahkan Antam di Gugatan 1,1Ton Emas
Profil Budi Said yang Kalahkan Antam di Gugatan 1,1Ton Emas

Budi Said, seorang pengusaha asal Surabaya, kembali menjadi sorotan publik setelah Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Dengan ditolaknya PK tersebut, maka putusan kasasi yang diajukan oleh Budi Said, menjadi berkekuatan hukum tetap.

Putusan kasasi tersebut menyatakan bahwa Antam terbukti telah menipu Budi Said dalam pembelian 1.136 kilogram emas batangan pada tahun 2021. Antam terbukti menjual emas batangan tersebut dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

Budi Said adalah Direktur Utama PT Tridjaya Kartika Grup, sebuah perusahaan properti yang bermarkas di Surabaya. Perusahaan ini telah membangun beberapa proyek residensial di Surabaya, antara lain Kertajaya Indah Regency, Florencia Regency, dan Taman Indah Regency.

Budi Said adalah sosok yang dikenal sebagai pengusaha sukses di Surabaya. Ia juga dikenal sebagai sosok yang dermawan dan sering menyumbang untuk berbagai kegiatan sosial.

Kasus Gugatan 1,1 Ton Emas

Budi Said menggugat Antam ke Pengadilan Negeri Surabaya pada tahun 2021. Ia menuduh Antam telah menipunya dalam pembelian 1.136 kilogram emas batangan.

Dalam gugatan tersebut, Budi Said mengatakan bahwa ia membeli emas batangan tersebut dari Antam dengan harga Rp 799 juta per kilogram. Namun, setelah ia melakukan uji lab, ternyata emas batangan tersebut hanya mengandung 95,5% emas murni.

Antam membantah tuduhan Budi Said. Perusahaan ini mengatakan bahwa emas batangan yang dijual kepada Budi Said adalah emas murni dengan kandungan 99,99%.

Pada tahun 2022, Pengadilan Negeri Surabaya mengabulkan gugatan Budi Said. Majelis hakim menyatakan bahwa Antam terbukti telah menipu Budi Said dan harus membayar ganti rugi sebesar Rp 1,1 triliun.

Antam mengajukan banding atas putusan tersebut. Namun, putusan Pengadilan Negeri Surabaya dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi Surabaya.

Antam kemudian mengajukan PK ke MA. Namun, PK tersebut ditolak oleh MA. Dengan ditolaknya PK tersebut, maka putusan kasasi yang diajukan oleh Budi Said, menjadi berkekuatan hukum tetap.

Kesimpulan

Budi Said adalah sosok pengusaha sukses yang dikenal sebagai sosok yang dermawan. Ia kembali menjadi sorotan publik setelah MA menolak permohonan PK yang diajukan oleh Antam. Dengan ditolaknya PK tersebut, maka putusan kasasi yang diajukan oleh Budi Said, menjadi berkekuatan hukum tetap.

Also Read

[addtoany]

Leave a Comment